Bikin masakan Papeda ala Bara Pattiradjawane

Masih ingat resep Ikan Kuah Kuning khas Maluku sebelumnya? Kali ini SukaDapur bakal bagi resep hidangan pendamping ikan kuah kuning yaitu Papeda yang resepnya juga dari Bara Pattiradjawane.

 

wpid-bola-sagu.jpg.jpeg

Papeda / popeda atau bubur sagu lebih enak dibuat dari bola sagu yang terbuat dari tepung sagu segar yang berwarna putih bersih, agak basah dan padat. Rasanya sangat berbeda bila kita membuatnya dari tepung sagu yang dijual di supermarket.

Pembuatan papeda memang unik, memerlukan 2 buah tongkat seperti sumpit tetapi lebih besar dan terbuat dari kayu untuk mengangkat dan menggulung-gulungĀ  papeda lalu meletakkannya ke dalam mangkok. Bentuknya yang seperti lem kanji ini merupakan makanan populer dan disukai penduduk Maluku Utara.

Keunikan lainnya dari papeda adalah cara memakannya yang tidak menggunakan sendok atau garpu. Setelah papeda dan ikan kuah kuning dicampur ke dalam mangkok, perlahan-lahan dari ujung mangkok menyeruput kuah ikan kuning. Semakin kencang suara seruputannya pertanda semakin enak dan lezat papeda kuah ikan kuningnya.

image

Resep Papeda oleh Bara Pattiradjawane

Bahan :

  • 1 Bola Sagu segar
  • Air panas secukupnya
  • air secukupnya

Cara Membuat :

  1. Taruh bola sagu kedalam mangkuk lalu tuang air sambil diaduk-aduk hingga bola sagu hancur lalu buang airnya yang keruh.

  2. Biarkan sagu mengendap selama kurang lebih 30 menit.

  3. Bila sudah mengendap sempurna, buang air semuanya dan tinggal endapannya saja.

  4. Aduk-aduk sagu endapan dengan sendok kayu hingga tidak mengendap lagi lalu tuang sedikit demi sedikit air panas sambil terus diaduk-aduk hingga pati sagu berubah warnanya dari putih menjadi transparan.

  5. Aduk terus hingga sagu mengental dan berwarna cerah. Lalu gunakan sumpit besar untuk menggulung-gulung papeda.

  6. Hidangkan papeda dengan ikan kuah kuning.

Untuk mendapatkan resep Ikan Kuah Kuning oleh Bara Pattiradjawane, klik disini.

dewaweb_promo_04_728x90
lelah di kantor ??? 300 widget kanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *