Cari Tahu: Jus atau Buah Potong (part2)

Lanjutan cari tahu sebelumnya, buah-buahan sangat baik dikonsumsi setiap hari sebagai sumber alami vitamin, serat dan zat gizi yang penting untuk tubuh. Biasanya buah-buahan tersebut dibuat jus maupun dipotong. Untuk memperoleh manfaat maksimal dari buah-buhan, sebaiknya cara penyajian harus diperhatikan dengan baik.

 

Bagaimana cara terbaik mengonsumsi buah? Apakah sebaiknya di-jus atau dipotong saja?

Berikut ini lanjutan penjelasan dr. Elia Indrianingsih, Sp Gk, dokter spesialis gizi klinik Eka Hospital BSD.

Apakah buah-buahan potong yang tidak langsung dikonsumsi bisa kehilangan kandungan vitaminnya?

Betul, vitamin akan mudah berkurang khasiatnya, serta menurun jumlah kandungannya jika bersentuhan langsung dengan udara dan sinar, baik sinar lampu atau pun sinar matahari lebih dari 15 menit. Jadi sebaiknya buah potong segera dikonsumsi untuk memperoleh manfaat secara maksimal.

Apakah benar bahwa buah potong sebaiknya tidak dicampur dan dibubuhi zat lain, seperti garam dan gula?

Mencampur buah potong dengan garam dan gula perlu diwaspadai oleh mereka yang sedang menjalankan diet untuk menurunkan berat badan, penderita kencing manis, juga penderita hipertensi.

Pada masa peralihan cuaca, buah apa yang dapat berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh?

Buah yang mengandung vitamin C-nya cukup tinggi seperti jeruk, stroberi, pepaya, kiwi, jambu merah, dan plum, sangat baik dikonsumsi pada masa peralihan cuaca yang umumnya membutuhkan ketahanan tubuh yang lebih tinggi.

Kombinasikan minimal 3 macam buah beraneka warna dalam sehari, sehingga akan diperoleh kombinasi vitamin yang saling melengkapi dan mengandung variasi antioksidan yang menyehatkan kulit, mencegah penuaan dini dan mencegah penyakit degeneratif lainnya, seperti kanker, penyakit jantung koroner, rematik.

Sebagai kesimpulannya, antara dijus atau dipotong, bagaimana cara terbaik mengonsumsi buah setiap hari?

Bagi orang yang tidak memiliki masalah pencernaan, tentunya buah potong lebih bermanfaat karena kandungan serta, vitamin, dan antioksidan yang terdapat pada kulit buah, bisa diperoleh secara maksimal.

Bagi orang yang mengalami gangguan lambung dan gangguan saluran cerna lainnya, mengonsumsi jus buah akan membantu saluran cerna agar tidak perlu bekerja keras, sehingga zat gizi pun lebih cepat terserap.

Serat dari buah potong juga berfungsi memperlambat penyerapan zat gula, sehingga kadar gula tidak melonjak tinggi, menurunkan kadar kolesterol, mempertahankan berat badan, bermanfaat bagi kesehatan usus besar, dan mencegah terjadinya kanker usus besar.

Satu hal penting yang perlu diperhatikan, karena tidak mengandung serat, maka jus buah lebih cepat menimbulkan peningkatan kadar gula darah, yang tentunya kurang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Belajar Internet Marketing -->Click Here