Cari Tahu: Mengapa Kita Harus Kurangi Konsumsi Obat Diabetes

Apakah Anda penyuka makanan manis? Hampir semua orang menyukai berbagai kudapan manis entah sebagai teman sarapan, makanan penutup ataupun teman waktu cemil santai. Namun, harus diakui bahwa diabetes pastinya menghantui para penyuka makanan manis. Kadar diabetes dalam darah Anda merupakan sesuatu yang tentunya harus diawasi secara bijak, karena kalau tidak diawasi, berbagai penyakit lainnya dapat mengikuti dan akhirnya mengancam kesehatan Anda. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang enggan ‘berpantang’ dan akhirnya terlanjur mengidap diabetes sehingga diwajibkan untuk mengkonsumsi obat-obatan oleh dokter.

Mengkonsumsi obat diabetes tentunya dapat menjadi salah satu cara yang ampuh untuk menstabilkan kadar gula darah Anda. Namun, ada berbagai alasan lain yang tentunya jauh lebih baik dibanding mengkonsumsi obat diabetes terus menerus. Berikut ini adalah 3 alasan mengapa Anda harus mengurangi konsumsi obat diabetes mulai dari sekarang:

Yang lebih alami, banyak.

Selain obat-obatan kimia, ternyata diabetes dapat ditangani oleh berbagai jenis obat herbal alami yang dapat diperoleh dari kekayaan alam kita sendiri. Banyak riset dan juga percobaan yang menemukan berbagai jenis tumbuhan, sayuran, maupun buah-buahan yang berkhasiat menangani diabetes dan menurunkan kadar gula Anda. Konsumsi obat-obatan kimia dalam jangka panjang dapat mengganggu kesehatan Anda dan merusak fungsi ginjal serta hati Anda. Ginjal dan hati dipaksa untuk mengolah dan mensekresikan zat-zat kimia yang terkandung dalam obat-obatan tersebut. Namun, obat-obatan tersebut dapat diganti oleh sesuatu yang lebih alami. Berikut ini beberapa contoh herbal yang dapat dijadikan sebagai obat alternatif alami untuk mengobati diabetes; kunyit, buah mengkudu, sayur buncis, sayur pare, daun sirsak, kulit manggis, daun sambiloto, daun salam dan juga gingseng.

Segala jenis obat-obatan malah memicu timbulnya penyakit lain

Berbagai jenis obat diabetes tentunya memiliki berbagai fungsi yang ampuh untuk menekan tingkat gula darah dan menstabilkan diabetes di tubuh Anda. Tapi, tahukah Anda bahwa konsumsi obat-obatan yang berlebihan secara terus-menerus sebenarnya malah tidak baik bagi kesehatan Anda. Mengkonsumsi obat-obatan secara terus-menerus, seperti obat diabetes misalkan, dapat menimbulkan berbagi penyakit lain yang malah mengganggu kesehatan tubuh kita.

Menurut Dr. Hiromi Shinya dalam buku “The Miracle of Enzyme”, penggunaan dan konsumsi obat-obatan, khususnya obat kimia dalam jangka waktu yang lama, baik menggunakan resep maupun tidak, dapat menimbulkan berbagai penyakit baru karena banyak organ-organ tubuh yang rusak akibat obat-obatan tersebut. Jadi, usahakan kurangi penggunaan obat kimia tersebut untuk meminimalisir bahaya obat kimia bagi tubuh Anda.

Konsumsi obat-obatan kimia, seperti obat diabetes dalam jangka waktu yang panjang diketahui dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan sebagai berikut; menimbukan gangguan pernapasan atau asma, gangguan ginjal, sakit pinggang, menimbulkan kerusakan pada hati, susah tidur, merusak sel-sel tubuh, ketergantungan obat kimia tertentu dan menimbulkan penyakit jantung.

Makan enak tanpa mengganggu kesehatan, kini nyata.

Hal yang paling dasar yang dapat Anda lakukan tentunya perbanyak konsumsi makanan sehat dibandingkan mengikuti keinginan untuk mengkonsumsi segudang sembarang makanan yang juga menimbulkan segudang penyakit nantinya. Namun, paradigma akan makanan sehat yang tidak enak masih banyak tertanam di dalam pola pikir masyarakat umumnya. .

Karbohidrat tentunya merupakan salah satu ‘pantangan’ wajib bagi Anda yang beresiko terkena diabetes maupun Anda yang sudah mengidap diabetes. Karena, karbohidrat mengandung banyak kandungan gula yang bila tidak dipecah dengan baik oleh insulin tubuh, malah dapat menumpuk dan menimbulkan penyakit diabetes.

Jadi, tunggu apalagi? Konsumsi obat diabetes berlebihan dalam jangka panjang dapat Anda hindari mulai dari sekarang. Bukankah mencegah lebih baik? Mulailah perhatikan apa yang Anda konsumsi, niscaya Anda akan menjalani hidup yang lebih sehat, bahagia dan terbebas dari obat-obat diabetes!

Leave a Reply