Cari Tahu: Pilih Jus atau Buah Potong (part1)

Buah-buahan sangat baik dikonsumsi setiap hari sebagai sumber alami vitamin, serat dan zat gizi yang penting untuk tubuh. Biasanya buah-buahan tersebut dibuat jus maupun dipotong. Untuk memperoleh manfaat maksimal dari buah-buhan, sebaiknya cara penyajian harus diperhatikan dengan baik.

Bagaimana cara terbaik mengonsumsi buah? Apakah sebaiknya di-jus atau dipotong saja?

Berikut ini penjelasan dr. Elia Indrianingsih, Sp Gk, dokter spesialis gizi klinik Eka Hospital BSD.

Berdasarkan gizi dan vitamin yang terkandung di dalam buah, apa perbedaan yang paling kontras antara buah dijus dan dipotong?

Sebelumnya harus dijelaskan, bahwa jus yang dimaksud adalah buah yang diolah dengan ekstraktor, dimana hanya airnya yang diambil (sari buah) sedang seratnya sudah dipisahkan. Pada beberapa jenis buah yang kulitnya dapat dimakan, seperti apel, pir, strowberi, dan anggur, vitamin dan zat gizi lain seperti flavonoid, yang terkandung pada kulit buah akan terbuang jika buah diproses menjadi jus.

Perbedaan besar lainnya adalah kandungan serat pada jus hampir tidak ada jika dibanding dengan buah potong. Namun kandungan vitamin dan mineral pada jus buah dapat lebih banyak diperoleh, karena untuk mendapatkan jus buah diperlukan jumlah utuh yang lebih banyak.

Bagaimana halnya dengan anak-anak yang lebih mudah mengonsumsi jus dibanding dengan menyantap buah potong?

Karena jus buah lebih mudah dicerna dan cepat diserap, maka kandungan vitamin, mineral, dan energi pun lebih mudah didapat, namun kebutuhan serat tidak diperoleh oleh jus buah. Oleh karenanya, anak-anak sebaiknya diarahkan untuk membiasakan mengonsumsi buah potong juga.

Untuk menarik minat anak-anak, potong buah menjadi bentuk yang menarik dan berwarna-warni dengan memadukan beberapa jenis buah sekaligus. Cara penyajian bisa berupa sate buah yang ditempatkan dalam wadah yang menarik, serta dikombinasikan dengan aneka dressing seperti yogurt, susu rendah lemak atau campurkan dengan puding.


Lanjutan Cari Tahu: Pilih Jus atau Buah Potong (part2)

Leave a Reply

Belajar Internet Marketing -->Click Here