Info Dapur : Cari Tahu Lebih Banyak Cabe-Cabean (Part 1)

Sebagai negara dengan iklim tropis dan dilewati garis Khatulistiwa, Indonesia diberkahi dengan kesuburan alam yang luar biasa salah satunya tanaman cabai atau cabe.

Cabai atau chilli sebagai bumbu masakan di Indonesia digunakan untuk penguat rasa makanan yang keberadaan dan kebutuhannya sangat melekat hampir disetiap hidangan.

Ada aneka ragam jenis cabai yang tumbuh subur disini, yuk kita kenali jenis dan level pedasnya :

image

  1. Cabai Merah Besar / Capsicum Annuum L
    Dapat digolongkan sebagai sayuran atau buah tergantung penggunaannya. Cabai ini merupakan komoditas sayuran yang dibudidayakan oleh petani disini dan memiliki kandungan terbanyak zat capsaicin yang berfungsi untuk mengendalikan kanker dan memperlancar aliran darah. Bentuknya ada yang panjang dan diujungnya bulat atau runcing mengerucut. Pada masakan sering digunakan untuk bahan baku sambal, aneka saus dan campuran makanan.
    Level pedas : kurang pedas

image

  1. Cabai Hijau Besar
    Sebenarnya cabai ini adalah cabai merah besar hanya saja cabai hijau dipanen saat masih muda dan berwarna hijau belum merah. Cabai hijau digunakan untuk campuran aneka tumisan, oseng-oseng atau sambal balado.
    Level pedas : kurang pedas

image

  1. Cabai merah keriting / Curly chilli
    Bentuknya keriting, panjang dan kurus. Sering sekali digunakan dalam masakan Minang / Padang. Selain itu digunakan untuk bubuk cabai dan masakan kari, bumbu balado, rica-rica juga memakai cabai ini.
    Level pedas : pedas

image

  1. Cabai gendot / cabai gendol / capsicum chinense
    Dikenal pula dengan sebutan habanero, cabai ini memiliki beberapa warna seperti warna oranye, hijau, kuning dan orannye terang. Cabai ini memiliki bentuk bengkak atau mengembung. Cabai jalapeno terkenal sekali untuk aneka makanan Meksiko sebut saja chipotle, chilli con carne, saus salsa dan tortillas. Sedangkan di Jawa Barat, cabai ini digunakan untuk berbagai tumisan dan aneka masakan.
    Level pedas : sangat pedas

image

  1. Cabai rawit / Cayenne capsicum frutescen L
    Bentuknya kecil bulat atau panjang. Digunakan sebagai bahan dasar sambal, rujak atau aneka bahan makanan pedas lainnya. Selain itu digunakan untuk pembuatan chilli oil dan pelengkap makanan gorengan.
    Level pedas : lebih pedas dari cabe merah keriting

Tunggu ya kelanjutan dari aneka cabe-cabean ini. Simak terus info dapur lainnya di Suka Dapur seperti manfaat bawang putih bagi kesehatan. Info lengkapnya klik disini.

                ibu rumah tangga banner 300

Leave a Reply