Kacang Mete Gurih dan Sehat, Kaya Nutrisi

Siapa yang tak mengenal kacang mete? Kacang yang “lahir” dari buah jambu mete ini sering menjadi camilan favorit keluarga karena rasanya yang gurih dan renyah. Dibalik rasanya yang enak, kacang mete ternyata memiliki manfaat yang baik untuk tubuh.

Kacang-kacangan ini biasa dinikmati sebagai cemilan dengan cara pengolahan dipanggang. Tapi tak jarang ada yang mengolahnya sebagai isian cokelat, campuran makanan, atau pun sebagai susu kacang.

Susu kacang. Yup, cashew milk. Manfaat kacang mete akan lebih terasa ketika diolah tanpa pemasakan dengan suhu yang tinggi. Maka cashew milk dibuat dengan menggunakan kacang mete yang raw atau mentah. Dengan begitu, kandungan tembaga dan magnesiumnya tetap terjaga.

Memang, apa saja manfaat dari mengonsumsi kacang mete?

Menyehatkan jantung

Kacang mete merupakan salah satu makanan yang bebas kolesterol. Selain itu, kacang mete juga mengandung asam lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat) dan tak jenuh ganda (polyunsaturated fat). Arginine di dalam kacang mete memiliki fungsi untuk melindungi lapisan dalam dinding pembuluh darah. Maka kacang mete pun dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida yang dapat memicu penyakit stroke dan serangan jantung.

Baik untuk tulang

Kacang mete terkenal dengan kandungan tembaganya yang besar. Tembaga ini dibutuhkan oleh tubuh untuk memroses penggantian kolagen dan jaringan ikat yang rusak. Kedua komponen ini memiliki peran penting untuk proses pembentukan tulang. Nah, jika asupan tembaganya kurang, maka jaringan tubuh akan cepat rusak dan mudah terkena penyakit disfungsi sendi.

Bisa mengelola berat badan

Kacang mete mampu mengelola berat badan karena bertugas mengurangi penumpukan lemak dan kolesterol pada hati, selain mengandung energi. Kandungan lemak tak jenuhnya akan membasmi lemak dan kolesterol jahat dari dalam tubuh.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *