Makanan dan Minuman yang Membuat Badan Anda tetap Hangat

Konsumsi makanan dan minuman ini jika Anda ingin badan tetap hangat. Pada umumnya, saat cuaca panas, kita makan atau minum sajian yang dingin untuk menjaga badan dingin dan segar. Sama halnya, jika cuaca dingin, kita makan/minum sajian yang hangat untuk menghangatkan badan.

Dilansir dari foodbeast.com, makanan/minuman panas dan dingin bekerja dengan cara yang berbeda. Berikut ini daftar makanan dan minuman yang bisa menghangatkan badan Anda.

Kopi

kopi maroko

Kopi mampu menghangatkan badan, baik kopi panas maupun es kopi. Kafein memicu metabolisme tubuh untuk membakar lemak. Terutama kopi hitam bisa bekerja lebih cepat menghangatkan.

Beras merah

Beras merah memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang membutuhkan proses cukup lama untuk mencernanya. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks memacu system metabolisme badan yang dapat membuat lonjakan suhu tubuh.

Bir

Alkohol dalam bir menyebabkan proses vasodilatasi, keadaan dimana pembuluh darah melebar, badan terasa panas dan muka berwarna merah, suhu badan tiba-tiba menjadi naik dan membuat badan mengalami dehidrasi. Bir mengakibatkan pemasan pada permukaan kapiler pembuluh darah sehingga meminum beer membuat tubuh memanas.

Cabe

Rasa pedas memang membuat badan berkeringat yang justru memberikan sensasi rasa dingin pada tubuh. Proses evaporasi ini bisa mendinginkan kulit dan menurunkan suhu tubuh. Bahkan di negara-negara yang berada di dekat katulistiwa lada dan cabai digunakan sebagai makanan pendingin.

Jahe

wpid-jahe.jpg
Jahe mampu bekerja melancarkan aliran darah, hal ini yang memicu tubuh tetap hangat. Jahe dalam sup ataupun minuman hangat, enak sekali dan menyehatkan.

Menjaga tubuh tetap hangat akan membuat badan selalu sehat, karena aliran darah menjadi lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *