Info Dapur: Mengenal lebih jauh serba-serbi kue dari umbi

Sebut saja klepon, kue apem, getuk lindri, combro, ketimus, lemet aneka camilan tradisional khas Indonesia yang terbuat dari umbi-umbian ini merupakan beberapa kudapan populer yang banyak disukai.

image

Kalau dibandingkan dengan aneka kue modern yang kini banyak sekali ragam dan jenisnya yang bisa ditemui di pasar,  toko kue, cafe atau pun restoran, kepopuleran kue-kue tradisional tetap disukai dan tidak tergeser oleh kue-kue modern.

Kue tradisional yang terbuat dari aneka umbi-umbian sebagai bahan utama membuat kue atau penganan rasanya tidak kalah enak loh. Rasa umbi-umbian yang cenderung netral memudahkan dipadu dengan bahan lain. Bahkan dari aneka jenis umbi-umbian ini bisa dibuat aneka variasi berbagai jenis kue.

Bahan utama umbi-umbian yang akan dibahas kali ini adalah umbi-umbian yang sering dijumpai sehari-sehari yaitu :

  1. Singkong
    Ada ada 2 jenis singkong yaitu singkong putih dan singkong kuning yang juga disebut singkong mentega. Singkong mentega lebih banyak disukai untuk dibuat gorengan karena warnanya yang menarik, kuning seperti mentega dan gurih renyah bila digoreng. Pilihlah singkong yang masih utuh saat membeli, bila membeli sudah dipotong dan dikupas, dagingnya mudah menjadi kebiruan sampai kehitaman. Singkong segar tidak bisa disimpan dalam waktu lama ya.

  2. Ubi jalar
    Dilihat dari warna kulitnya ada 2 jenis ubi jalar yaitu ubi putih dan ubi merah. Sedangkan dari warna dagingnya, ada yang warna putih, kuning, oranye dan ungu. Cita rasa dasarnya pun berbeda-beda ada yang gurih-manis, manis atau gurih. Biasanya ubi yang besar umumnya lebih gembur dan tidak terlalu manis sedangkan ubi yang berukuran kecil rasanya manis dan teksturnya agak berair. Pilihlah ubi jalar yang segar, mulus, tidak bertunas, tidak banyak lekukan agar mudah di bersihkan dan dikupas.

  3. Talas
    Semua jenis talas mengandung getah yang gatal terlebih saat mentah. Tetapi pada beberapa jenis, rasa gatal itu akan hilang dengan proses pemasakan. Untuk mencegah rasa gatal di lidah, rendamlah potongan talas dalam larutan garam selama 30 menit sebelum diolah. Talas yang enak untuk dimakan diantaranya, talas bogor (talas bentul), talas garbu (umbinya besar), talas lumbu (daunnya enak disayur dan tidak gatal) dan talas kimpul (agak gatal tetapi tetap enak dimakan).

Liat video tutorial mengupas bawang, telur, kiwi dll yang keren ini, klik disini ya

Leave a Reply

Belajar Internet Marketing -->Click Here