Mengupas Nutrisi Telur Burung Puyuh

Telur puyuh atau Quail Eggs tergolong sebagai makanan mewah di kawasan Eropa Barat dan Amerika Utara. Bahkan si telur mungil ini banyak digunakan untuk hidangan-hidangan ‘fine dining’ restoran sekelas bintang Michelin.

image

Sementara di Indonesia, telur burung puyuh merupakan komoditas peternakan yang sudah populer di masyarakat. Selain harganya yang terjangkau, telur puyuh mudah sekali ditemukan dimana-mana.

Kandungan gizi telur puyuh lebih tinggi dari telur ayam negeri maupun telur ayam kampung. Selain itu mengandung protein tinggi dan hormon yang berguna bagi tubuh, menghaluskan kulit serta meningkatkan vitalitas.

Nutrisi dalam telur puyuh diantaranya adalah :
1. Mengandung Vitamin A, B1 dan B2
2. Mengandung Mineral yaitu zat besi dan potasium
3. Kaya akan kolesterol baik / HDL
4. Tidak mengandung Bakteri Salmonella karena suhu tubuh burung puyuh lebih tinggi dari pada suhu tubuh ayam sehingga membuat bakteri Salmonella tidak dapat hidup pada burung puyuh.

image

Diantara jenis telur, telur burung puyuh berukuran paling kecil dengan ciri-ciri pada permukaan kulitnya yang tipis berwarna coklat muda atau putih dan berbintik hitam / coklat serta cenderung mudah pecah / retak.

Bentuknya yang kecil ini membuat telur puyuh sering digunakan untuk aneka masakan nusantara antara lain campuran sambal goreng, balado, sate, sup, dibungkus adonan pempek kapal selam atau bakso kuah.

Tips menggunakan telur burung puyuh, sebaiknya telur dicuci bersih sebelum dipakai lalu rebus telur hingga matang. Agar lebih mudah dikupas, telur rebus yang telah matang segera direndam dalam air dingin supaya dagingnya tidak ikut terkelupas.

Mau cari tahu lebih banyak peppermill, tools andalan chef untuk memasak, lihat disini

lelah di kantor ??? 300 widget kanan

Leave a Reply