Mudahnya bikin Rujak Bebeg sendiri

 

Mulai sulit belakangan ini di kota-kota besar menemukan rujak buah satu ini. Istilah rujak bebeg atau rujak bebek yang artinya rujak dibejeg-bejeg dengan kayu yang dibentuk seperti “alu” atau gagang kayu kecil.

Menurut cerita, rujak bebeg ini adalah rujak buah asli dari Jawa Barat yang dipikul keliling oleh tukang rujak. Ciri khas dari tukang rujak bebeg adalah selalu membawa “alu & lumpang” kecil untukĀ  membebek atau menghancurkan hingga kecil-kecil aneka buah jualannya. Aneka ragam buah-buahan tropikal yang tumbuh di Indonesia digunakan untuk membuat rujak bebeg ini seperti pisang batu, ubi merah, ubi putih, bengkoang, kedondong, timun, mangga muda, nanas, ketimun, jambu air dan belimbing.

Lantas bagaimana dengan kita yang tinggal di kota besar dan tidak memiliki alu dan lumpang untuk membuat rujak bebeg? Ada cara gampang untuk mengakali hal ini. Gunakan food processor atau juicer Anda di rumah. Kedua alat ini bisa menghancurkan buah-buah dalam hitungan detik dan langsung siap makan.

Caranya mudah kok. Gunakan aneka buah-buahan yang tersedia di kulkas Anda. Pilih buah-buahan yang masih keras, padat dan tidak lembek atau terlalu matang. Potong-potong besar aneka buah secukupnya.

Masukkan aneka buah ke dalam food processor atau juicer, beri bumbu rujak gula jawa ( bumbu rujak jadi dapat dibeli di supermarket dalam bentuk kemasan ) kedalam juicer secukupnya. Beri 3-4 sdm air matang. Jangan terlalu banyak memberi air ya, nanti rujaknya menjadi terlalu halus seperti bubur.

Lalu hancurkan buah dengan kecepatan rendah sebentar saja. Matikan, aduk-aduk rujak didalam food precessor dengan sendok agar buah hancur kecil-kecil merata. Lakukan hingga 2-3 kali sampai mendapatkan potongan-potongan kecil buah yang diinginkan. Tuang ke dalam wadah dan sajikan.

Ingin tahu lebih banyak kiat dan tips pintar lainnya, simak terus di sukadapur.com

Leave a Reply