Patut Dicoba! Rendang Telur Kentang Campur Tempe Khas Minang

Rendang, salah satu makanan kebanggaan Indonesia dari Sumatera Barat karena termasuk didalam daftar makanan terlezat peringkat pertama dari 50 makanan terlezat di dunia / World’s 50 Most Delicious Food yang digelar oleh CNN International pada tahun 2011 yang berasal dari Sumatera Barat.

image

Biasanya kita dapat dengan mudah membeli atau menikmati rendang daging di restoran Padang favorit, namun tahukan Anda kalau rendang  tidak hanya identik dengan rendang daging? Rendang telur kentang campur tempe khas Minang salah satunya.

image

Cita rasa dari telur rebus berbalut bumbu rendang yang padat dengan rasa pedas bercampur gurih, ditambah kentang kecil yang bertekstur renyah pada kulitnya dan berpadu dengan rasa manis lembut dari kentang saat digigit serta rasa gurih dan enak dari tempe yang menyerap bumbu rendang..hmmm lezaattt…patut dicoba deh.

Menu satu ini bisa juga buat kamu yang vegetarian loh, tapi tetap pengen makan enak! Karbohidrat dan protein tercukupi hanya dengan satu hidangan lezat. Terlebih makanan bebas pengawet ini bisa tahan dikulkas hingga 1 bulan. Yuk dicoba!

image

Resep Rendang Telur Kentang Campur Tempe Khas Minang

Bahan :
– 400 gram tempe, potong agak tebal
– 400 gram kentang kecil
– 6 butir telur rebus
– 400 ml santan kental dari 2 butir kelapa tua
– 600 ml santan encer dari 2 butir kelapa tua (bekas perasan santan kental)
– 3 batang serai, ambil bagian umbi putih mudanya lalu memarkan
– 2 lembar daun kunyit, robek
– 6 lembar daun jeruk, robek
–¬† 6 butir kapulaga
– 4 cm asam kandis
– 2 sdm garam
– 2 sdm gula pasir
– minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus :
– 200 gram cabai merah keriting
– 15 siung bawang merah
– 5 siung bawang putih
– 2 cm ruas kunyit
– 6 butir kemiri
– 1 sdt jinten sangrai
– 1 buah pala
– 2 cm jahe
– 1/2 sdm ketumbar
– 2 cm lengkuas

image

Cara Masak :

  1. Cuci hingga bersih kentang kecil dengan kulitnya, kalau perlu sikat dengan sikat khusus makanan agar kotoran menempel pada kulit kentang terbuang.

  2. Tumis bumbu halus, serai, daun salam, daun kunyit, daun jeruk, kapulaga dan lengkuas hingga harum dengan api sedang lalu masukkan santan encer lalu aduk-aduk terus agar santan tidak pecah hingga mendidih.

  3. Masukkan kentang kecil, garam dam gula lalu aduk dan masak hingga mendidih. Masukkan pula tempe dan telur.

  4. Masak terus rendang dengan api kecil hingga mengental sambil sekali-kali diaduk. Masukkan santan kental kedalamnya, aduk-aduk lalu masak hingga rendang mengental, keluar biji minyak dan rendang berwarna kehitaman.

  5. Matikan api, angkat lalu sajikan.

Mau bikin menu vegetarian dari rendang lainnya? Coba deh bikin Rendang Daun Singkong khas Padang ini, dijamin bikin ketagihan juga. Ada tips dan trik cara mengolah daun singkong yang empuk dan tidak basah. Lihat caranya disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *