Tips Dapur : Cara Memilih & Mengolah Udang Untuk Aneka Masakan

Suka dengan aneka masakan dari udang? Pernah mengalami kesulitan memilih dan mengolah udang tidak matang sempurna atau kematangan dan masih meninggalkan bau amis?

Tips dapur akan memberikan cara memilih, memproses dan mengolah udang untuk digunakan berbagai aneka hidangan.

image

A.Tips memilih udang segar :
1. Dari bau aromanya
Aroma yang dikeluarkan tidak berbau busuk dan anyir.
2. Tidak berlendir
Udang yang mengeluarkan cairan lendir adalah ciri udang yang sudah tidak segar dan hampir busuk.
3. Perhatikan warnanya
Udang segar memiliki warna agak kehitaman dan mengkilat. Bila warna kulit udang terlihat mulai keputihan hal itu menandakan udang sudah cukup lama disimpan ditempat penyimpanan.

B.Tips mengolah udang :
1. Bersihkan udang dari kepala, kaki dan kulitnya hingga bersih, sayat memanjang punggung udang dan keluarkan kotoran hitamnya lalu  cuci bersih.
2.Jika menumis atau menggoreng, udang harus dimasak secara cepat dengan api besar  agar rasa manis dan gurih pada udang tidak hilang
3. Bila udang yang akan dimasak memakai kulit, masaklah lebih lama dengan memasak udang yang tanpa kulit.
4. Cara memasak udang rebus adalah masukkan udang bila air yang telah diberi sedikit garam telah mendidih, masak sebentar hingga udang berubah warna menjadi agak kemerahan.
5. Udang rebus harus segera dibuang/ditiriskan airnya dan direndam dengan air es dingin agar proses memasak berhenti dan udang tidak menjadi terlalu matang.
6. Udang yang digoreng atau ditumis bila sudah berubah warna dan matang harus segera dipindahkan ke piring guna mencegah proses masak berlanjut.

Suka bingung cara memilih jahe segar. Tips Dapur punya solusinya. Untuk tips lengkapnya lihat disini

              ibu rumah tangga banner 300

Leave a Reply