Tips memotong ayam utuh dengan mudah

Tips memotong ayam utuh dengan mudah

Sering kali bila berbelanja ayam utuh di supermarket atau pasar kita akan meminta untuk ayamnya dipotong sekalian mengingat ribet dan susahnya memotong ayam sendiri. Bila ayamnya besar, 1 ekor ayam bisa dipotong hingga 12 pcs namun kalo ayamnya kecil hanya bisa 10 pcs.

Tapi tahukah anda banyak sekali keuntungan bila kita bisa memotong ayam utuh sendiri di rumah. Ayam bisa kita bagi-bagi menjadi beberapa potongan utuh dan sebagian lagi menjadi fillet ayam yang dapat digunakan untuk membuat chicken steak, chicken nugget, dll. Sedangkan sisa tulang dari filletnya bisa dijadikan rebusan kaldu ayam.

Memotong ayam utuh yang tampaknya sebuah pekerjaan yang sulit, menjadi mudah bila kita mengetahui cara-caranya sebafai berikut :

Siapkan ayam yang akan dipotong.

Keluarkan ayam dari kemasannya, periksalah rongga bagian dalam ayam yang berisi ampela, hati, usus dan organ-organ lain. Biasanya bagian- bagian ini ada yang sudah dikemas terpisah dalam plastik atau masih menyatu dengan ayam. Jika masih ada, keluarkan bagian tersebut lalu cuci ayam dengan air dingin dan keringkan ayam dengan cara ditepuk-tepuk menggunakan tisu.

 

Memotong bagian paha ayam

Letakkan ayam di atas talenan, bagian dadanya menghadap ke atas guna memudahkan untuk mengetahui apa yang sedang dikerjakan lalu gunakan tangan kiri untuk memegang kaki kiri ayam. Tariklah kaki ayam dari badannya. Hal ini bertujuan agar Anda mengetahui letak kaki yang terhubung dengan tulang pinggul lalu potong tulang rawan di mana pinggul dan tulang kaki bertemu. Memotong tulang rawan ayam akan menciptakan potongan yang mulus dan tulang-tulang lainnya tidak ikut terpotong. Ulangi langkah-langkah ini pada kaki yang lain.

 

Memotong antara paha atas dan paha bawah ayam

Letakkan paha ayam sehingga kulitnya berada di bagian bawah menempel pada talenan. Pegang kedua sisi paha ayam dengan masing-masing tangan. Bengkokkan paha ayam atas ke arah belakang berlawanan arah dengan gerakan biasa. Dengan cara ini Anda bisa menemukan bagian belakang sambungan lutut di antara paha atas dengan paha bawah, yang merupakan lokasi paling mudah untuk dipotong lalu  temukan garis lemak dan potonglah disepanjang garis lemak itu. Garis lemak adalah garis putih tipis yang terbentang di sepanjang sambungan antara paha atas dengan bawah.

 

Memisahkan dada dan punggung ayam

Carilah lokasi pertemuan antara bagian dada dan punggung. Bagian ini berada di sepanjang tulang iga di mana daging dada ayam yang berwarna putih menonjol dari badannya. Gunakan gerakan seperti menggunakan gergaji untuk memotong iga dari belakang ke depan. Jangan memotong dengan arah dari depan ke belakang, karena bisa membuat tangan yang memegang badan ayam menjadi kurang aman sehingga potongannya tidak rapi atau bahkan bisa melukai tangan. Ketika Anda memotong dada ayam dari arah belakang ke depan, maka dada dan punggung ayam akan terbelah menjadi dua.

 

Memotong sayap ayam

Rentangkan sayap ayam berlawanan arah dengan gerakan biasa, agar bisa melebar. Cara ini akan membantu Anda menemukan sambungan bahu ayam. Gunakan carving knife untuk mengiris sambungan itu. Sekali lagi, pastikan untuk memotong pada tulang rawan di antara bagian akhir tulang agar tulang tidak ikut terpotong-potong menjadi serpihan-serpihan kecil. Potonglah sayap ayam menjadi dua bagian. Bengkokkan sayap ayam pada sambungan sikunya. Lalu potonglah pada sambungan siku tersebut. Ulangi proses ini pada sayap yang lain.

 

Simak terus banyak Tips lainnya di SukaDapur.com


Leave a Reply

 
Belajar Internet Marketing -->Click Here